Anda sedang berada di: Beranda » Lain-Lain » Mengenal 4 Jenis Keju Paling Populer yang Sangat Menggoda

Kategori : Wedding Organizer | Event Organizer | Papua | Lain-Lain | Rental | Help |

Pencarian:

Topik: Mengenal 4 Jenis Keju Paling Populer yang Sangat Menggoda

30-11-2016/07:56:25 WIT
brainking123

Website
Keju memakai susu untuk bahan pokoknya, entah itu susu sapi, kambing sampai kerbau. Pada awalnya, keju diolah di kawasan Timur Tengah, lebih tepatnya di kawasan dekat perbatasan antara Irak, Siria dan Turki pada masa sekarang.

Bukti sejarah tentang kapan secara pastinya keju untuk pertama kalinya diciptakan manusia sampai detik ini belum juga diketahui. Akan tetapi, sebagian pakar sejarah mempercayai bahwa keju telah mulai dibuat manusia sejak sekitar 8 ribu tahun yang lalu.

Keju pertama kali dibuat disebabkan ketidak sengajaan. Susu yang kelamaan dibungkus pada bungkusan yang berbahan lambung kambing ataupun hewan ternak lain yang mengering karena terpancarkan sinar matahari langsung terfermentasi, sehingga menjadikan susu tersebut menjadi keju yang dikenal saat ini.

Keju adalah salah satu olahan fermentasi paling lezat. Keju bisa disantap secara langsung, dijadikan hiasan dalam berbagai makanan, ataupu dicampur dengan makanan lainnnya. Keju mengandung banyak sekali nutrisi yang jauh lebih banyak ketimbang kandungan manfaat yang dimiliki oleh susu. Hanya 1 pon keju saja, terkandung kandungan nutrisi yang sama dengan 3,7 L susu.

Ternyata, terdapat cukup banyak jenis keju di dunia ini. Keju-keju itu berasal dari negara-negara yang berbeda. Ingin tahu apa saja? Berikut jenis-jenis keju yang tersebar di banyak negara di dunia, sekaligus dengan perbedaannya.

Keju Cheddar

Keju cheddar yaitu tipe keju yang umum dikenal. Cheddar adalah nama yang terinspirasi dari nama daerah tipe keju ini ditemukan, Desa tersebut bernama Ds. Cheddar di Somerset, Inggris. Keju ini sangat populer di Indonesia. Di Indonesia sendiri, keju ini sangat sering dijadikan bahan sebagai bahan tambahan kue kering, roti isi dan untuk melengkapi makanan.

Keju Cheddar termasuk keju yang relatif padat, berwarna kuning muda sampai putih gading, dan terkadang mempunyai cita rasa yang pekat. Keju cheddar menyimpan kandungan lemak mencapai 48 %.

Keju Mozzarella

Keju mozarella pun merupakan keju yang tak asing lagi dan sering digunakan dalam membuat masakan. Keju ini pertama kali diolah di negara Italia. Dinamakan Mozzarella sebab cara pembuatannya keju mozarella diputar lalu dipotong (mozzare).

Kejunya lembek serta mudah dibentuk, tetapi ada juga keju mozarella yang sedikit keras dan sering kali berwarna putih atau kuning. Keju mozarella biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan toping untuk memasak pizza, spaghetti, makaroni schotel, dan macam-macam kuliner panggang sejenisnya dikarenakan keju mozzarella akan meleleh dan menciptakan kenikmatan yang tiada duanya.

Keju Parmesan

Keju Parmesan merupakan keju asli kota Parma, Italia. Keju ini dikemas dalam beberapa bentuk, kadang masih berwujud keras dan ada yang telah diparut layaknya bubuk. Wujudnya padat dan cenderung keras disebabkan cara didiamkannya tergolong sangat lama, bahkan ada yang lebih dari satu tahun dan pastinya aromanya begitu tajam.

Kadang kala keju ini dimanfaatkan menjadi toping di atas spageti, pizza, macaroni dan sebagai bahan tambahan keju mozarella yang aromanya kurang kuat.

Keju Emmenthaler

Emmental, Emmentaler, Emmenthal, atau Emmenthaler adalah keju khas negara Swiss yang diciptakan menggunakan susu sapi mentah dan terdapat banyak lubang yang banyak dan besar. Keju ini dikenal sebagai "keju Swiss" di Amerika, walau keju Swiss tidak hanya merujuk kepada Emmentaler.

Nama keju ini terinsipirasi dari daerah asalnya yakni lembah Emme yang berada di Canton Bern. Keju tiruan Emmental asal Norwegia memiliki nama Jarlsberg.

Info lebih lengkap bisa dilihat di: http://kuyahejo.com/jual-keju-mozarella/

0 Tanggapan :

<< First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Anda harus Login dulu untuk bisa berdiskusi.
Atau Anda juga bisa Daftar dulu menjadi anggota forum.